Selasa, 13 Desember 2011

Minggu ke-6



Kelas : 1EB21
Nama                         NPM
1.    ANGGA DWI PRASETYO          20211855
2.    FARHANAH                              22211702
3.    KRISTOFORUS JANGU             24211025
4.    RIZKI UTAMI Y                       26211358
5.    SATRIO ARIEFIONO                26211636



1.      Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran !
Jawab :
            Pasar adalah tempat bertemunya antara  pembeli dan penjual untuk melakukan suatu transaksi harga yang mereka sepakatai bersama. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran .
            Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi
2.      Berikan contoh jenis pasar industri dan pasar penjual !
Jawab :

            Pasar Industri adalah semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau di pasok ke perusahaan lain.
Contohnya:     -   Pengusaha Peternakan
                        -   Pengusaha Otomotif
                        -   Pabrik Benang
                        -   Jasa Perbankan
                        -   Jasa telekomunikasi (pasar layanan operator seluler)

            Pasar penjual, terdiri dari semua perorangan dan organisasi yang membeli barang untuk dijual kembali atau disewakan dengan tujuan memperoleh laba.

            Contohnya:     ·   Pasar Tanah Abang
                                    ·   Pasar Jatinegara
                                    ·   Pasar Mangga Dua
                                    ·   Pasar Senen
                                    ·   Pasar Baru
3.      Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran !
Jawab :
Konsep inti pemasaran adalah salah satu konsep yang saling berhubungan anatara kebutuhan, keinginan, permintaan       produk atau jasa       nilai, kepuasan dan kualitas        pertukaran, transaksi dan relasional        pasar.



4.      Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi !
Jawab :
            Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a) Produk (product)
 Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5.      Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran !
Jawab :
·         Memaksimumkan laba
·         Meminimalkan pengeluaran
·         Memaksimumkan konsumsi
·         Memaksimumkan kepuasan konsumen
·         Memaksimumkan mutu hidup






Tidak ada komentar:

Posting Komentar